Photobucket
Photobucket

Senin, 21 November 2011

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat. Awalnya saya tidak mengerti apa yang dimaksud dengan disabilitas, tapi setelah membaca tulisan yang ada di postingan kartunet saya baru tahu bahwa sebenarnya disabilitas adalah kata halus dari kata "cacat" atau "difabel".saya setuju dengan perubahan kata ini karena kata cacat menurut saya kata yang cukup keras untuk didengar dan juga kata tersebut akan membuat penyandang disabilitas sedikit tersinggung atau terkucilkan dari masyarakat sehingga akan membuatnya kurang percaya diri dan minder dan akan berakibat orang tersebut susah untuk berkomunikasi dengan orang yang ada disekitar.




Dari kata "disabilitas" saya teringat dengan sebuah video yang pembicaranya penyandang disabilitas yaitu keterbatasan alat gerak yang berupa tangan dan kaki, di sini sang pembicara mempraktekkan bagaimana carannya dia mengambil suatu barang dengan mulutnya kemudian dia menunjukkan kepada umum bagaimana caranya ketika dia terjatuh  kemudian bisa bangun kembali dengan keterbatasan fisiknya. Pertunjukkan tersebut membuat seluruh audien (termasuk saya)  yang melihat hal tersebut menangis terharu karena mengetahui ketika dia jatuh kemudian dengan kerja keras dan semangat yang kuat dia bangun kembali.

Setelah membaca website kartunet saya merasa terkejut, ternyata ada juga lomba menulis narasi atau esei dalam rangka memperingati hari internasional penyandang disabilitas. saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini karena dengan kegiatan seperti ini masyarakat terutama dunia maya(paling tidak peserta lomba) bisa menganggap bahwa orang yang menyandang disabilitas itu juga manusia yang mempunyai hak asasi manusia seperti manusia lainnya, karena setiap manusia/insan yang lahir di dunia ini telah dianugerahi Tuhan hak yang sama tidak membedakan suatu ras, asal golongan dan warga negara.

Bagaimana pandangan masyarakat terhadap para penyandang disabilitas? berkakitan dengan pertanyaan tersebut tentunya setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda-beda. sedangkan menurut saya sendiri banyak yang   menganggap bahwa para penyandang disabilitas itu orang yang tidak berguna atau bahkan merugikan karena bisa menyusahkan orang yang ada di sekitar mereka sehingga sering dari mereka diasingkan atau dikucilkan dari pergaulan masyarakat. seharusnya manusia sebagai sesama mahluk tuhan tidak boleh berperilaku seperti itu karena setiap orang mempunyai kewajiban untuk menghormati hak orang lain seperti hak untuk hidup, hak untuk memperoleh pendidikan, hak memperoleh perlakuan yang sama, setiap orang berhak untuk hidup bersama-sama seperti orang lain. Hal ini sebenarnya bisa diminimalisir dengan cara berpikir. Berpikir apa? berpikir "seandainya", seandainya orang yang normal menjadi disabilitas kemudian diasingkan atau dikucilkan apa  yang akan terjadi? pasti orang tersebut akan droup atau jatuh dari hidupnya dan bisa saja mati bunuh diri karena tidak kuat dengan apa yang dilakukan orang kepadanya. Hal ini juga menunjukkan bahwa penyandang disabilitas memiliki kekuatan tinngi untuk maju.

Disamping banyak juga masyarakat yang menganggap bahwa para penyandang disabilitas itu seperti manusia biasa seperti manusia lainnya yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama memiliki pikiran dan juga bisa berkembang  hanya saja mereka mempunyai keterbatasan fisik. banyak juga penyandang disabilitas menjadi orang besar (sukses/terkenal) contohnya Gus Dur (KH. Abdur Rahman Wahid) yang pernah memimpin negara indonesia ini. Sebenarnya penyandang disabilitas bisa berkembang dan maju dengan alat bantu atau aksebilitas.


Kalau dari saya sendiri penyandang disabilitas dapat menjadikan motivasi bagi saya sendiri untuk bersungguh-sungguh dalam menjalani hidup ini.Setelah melihat video tentang motivasi yang didalamnya terdapat penyandang disabilitas beberapa waktu lalu seperti pelomba renang yang menyandang disabilitas yaitu keterbatasan alat gerak berlomba dengan orang yang fisiknya normal, namun penyandang disabilitas tersebut dapat berenang dengan cepat, hal ini menggugah saya untuk berpikir lebih maju, orang yang mempunyai keterbatasan fisik saja bisa berprestasi apalagi orang yang tidak memiliki keterbatasan fisik.

Dengan adanya media sosialisasi isu-isu disabilitas dalam hal ini adalah kartunet masyarakat dapat merubah pandangannya terhadap para penyandang disabilitas yang awalnya negative bisa merubah pikirannya menjadi positif. Situs www.kartunet.com juga  dapat mempublikasikan kreasi dari penyandang disabilitas baik berupa karya sastra, penyajian berita, artikel mengenai teknologi, maupun informasi-informasi lain yang berkaitan dengan isu disabilitas. dengan demikian masyarakat dapat mengetahui karya kreasi dapat merubah pandangan masyarakat juga tentang para penyandang disabilitas. Sehingga dengan demikian dapat tercipta suatu masyarakat yang inklusif yaitu menghormati hak dan kewajiban para penyandang disabilitas seperti masyarakat pada umumnya. komunitas ini (kartunet )  dapat mengembangkan bakat-bakat para penyandang disabilitas yaitu dengan media situs web dan teknologi dan juga mengembangkan wawasan masyrakat terhadap para penyandang disabilitas bahwa para penyandang disabilitas juga manusia yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama
Harapannya kegiatan ataupun progam kerja dari komunitas ini dilaksanakan dengan penuh kerja sama dan semangat serta keikhlasan hati sehingga akan semakin eksis dan bisa mencapai visi dan misinya.



Sampai disini dulu tulisan saya kali ini. masukan dan saran dari temen-temen saya tunggu karena saya juga manusia biasa yang mempunyai banyak kelemahan dan kekurangan karena kempurnaan hanya milik TUHAN.
Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar