Sabtu, 11 Agustus 2012

Sholat Tarawih Terasa Berat atau Lama?



Sholat Tarawih merupakan ibadah yang dilakukan dibulan ramadhan yang hukumnya sunnah muakkad atau  sangat di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Disetiap malam sholat tarawih ada Fadhillah atau keutamaan tersendiri dari setiap malamnya. Orang muslim rame-rame pergi ke Masjid atau Musholla setiap Bulan romadhon tiba untuk melaksanakan sholat berjamaa'ah baik sholat Fardhu ataupun sholat tarawih dan witir karena semua ibadah dan amalan baik dibulan Romadhon dilipat gandakan oleh Allah SWT. Namun ibadah terutama sholat tarawih pada awal pertama puasa masih giat dan rajin, setelah menginjak pertengahan  puasa sholat tarawih kadang terasa berat atau lama, apalagi jika di daerah tersebut shilat tarawih di laksanakan 20 rakaat dan sholat witir 3 rakaat. Hal ini terbukti dengan adannya shof yang semakin maju atau kosong di belakang setiap pertambahan harinya.

Ada beberapa cara yang menurut saya dapat mengurangi rasa tersebut :

1. Menghafal urutan surat At-Taksur sampai Abu-Lahab.
Biasanya imam membaca surat pendek di rakaat pertama setiap satu kali salam berbeda, yaitu surat yang ada dalam jus 30 Al-Qur'an yaitu surat At-Takasur sampai dengan surat Abu-Lahab. caranya dengan menghafal urut-urutan surat tersebut sehingga setelah hafal urut-urutannya kita tahu misalnya setelah imam membaca surat At-Takasur pada salam yang pertama maka setelah itu akan membaca surat Al-Ashr dan seterusnya yang akan mengakibatkan pikiran kita mengikutinya. karena rasa lama atau capek juga berfaktor dari pikiran. jika kita mengikuti imam sholat maka pikiran kita akan sedikit berkurang tentang terasa lama atau beratnya sholat tarawih.

2. memilih tempat sholat
Hal ini juga biasa dilakukan oleh orang-orang yang merasa berat melaksanakan sholat tarawih yaitu memilih tempat sholat. Misalnya ditempat ini terasa lama kemudian besok pindah di tempat lain yang dirasa lebih cepat.

3. sistem Imam bergiliran
Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kejenuhan ma'mum karena imamnya hanya satu dalam satu bulan tersebut. dengan Imam yang bergilir akan membuat suasana yang tidak membosankan bagi ma'mum.

4. Imam yang enak
Artinya dalam suatu jam'ah seorang yang manjadi imam kalu bisa dalam membaca surat Al-Qur'an yang Fasih dan enak di dengar karena dengan begitu akan membuat ma'mum betah sehingga akan mengurangi kejenuhan Ma'mum yang merasa lama dalam beribadah. 

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar